Thursday, November 6, 2014

Unanswered Question from Movie INTERSTELLAR [Please Help!]

SPOILER ALERT!
Seperti biasanya, Nolan bikin film yang sedikit rumit, dan karena saya ngefans sama Nolan, dan kira-kira sudah menunggu film ini dari setahun yang lalu mungkin, long story short, akhirnya nonton juga kemarin. Tapi masih ada beberapa hal yang tetep ga nemu jawabannya walaupun sudah bongkar-bongkar internet forum, wiki dan imdb, mohon jawabannya jika ada yang tahu. Thanks anyway atas yang udah jawab, beberapa pertanyaan bisa saya isi.
  1. Gravitasinya diapain ya sama Cooper sampai bukunya bisa jatuh? Jam tangannya diapain ya sampai bisa rekam kode gitu?
  2. Kenapa blackholenya bisa ngarah ke rak buku itu, padahalkan universe luas, ada banyak galaxi lain, jutaan planet lain. Kenapa harus Bumi dan kenapa pas banget itu di kamarnya Murph? Apakah tempat Cooper mau munculnya, yang mengendalikan lokasi tsb pikirannya si Cooper? Jadi simplenya gini, Future Man (yang pinternya sudah tingkat dewa) denger tentang sejarah mereka bisa selamat karena adanya Murph dan Cooper yang menyelesaikan problem "gravitational pull en masse". Mereka mempelajari ilmu sejarah sampai mereka tahu kalau Cooper memberitahukan solusinya ke Murph melalui wormhole karena bantuan Alien. Jadi mereka belajar mengenai problem "gravitational pull en masse" dan cara bikin wormhole juga. Saat mereka nontonin si Cooper kok ga ada yang dateng-dateng buat bantuin, mereka takut mereka tidak jadi terlahir karena manusia mati semua di Bumi akibat tidak tersampaikan solusinya~ Akhirnya gemes nontonin "kok Aliennya enggak bikin-bikin wormhole untuk Cooper kasih tahu Murph," akhirnya Future Man bantuin bikinin wormhole buat Cooper menuju rak buku Murph supaya Cooper bisa kasih tahu Murph solusinya, dan Future Man bisa terlahir, dari manusia yang akhirnya tidak jadi punah semua di bumi (setelah sampainya solusi tersebut). Future Man pun tersadar bahwa Alien itu sebenarnya adalah diri mereka sendiri. (a double paradox, i knooow~) Hal tersebut berlaku juga dengan yang pas Future Man naroh wormhole di Saturnus di awal film, dst. Oh ya fyi aja, Future Man cuma bisa bantuin diem-diem dan ga bisa nampakin diri, mungkin karena ada semacem law, Future Man ga boleh kelihatan atau kenalan sama orang di masa lalu, karena akan ada Butterfly Effect (the usual classic time-travel story)
  3. Kenapa di blackhole Cooper kasih message S.T.A.Y, tapi kasih tau koordinat NASA? Terus abis itu nangis-nangis sendiri. Padahalkan kalau dia mau dirinya dia di masa lalu ga pergi, ya cukup dari awal ga usah kasih tahu koordinat NASA.
  4. Beneran ga ngerti deh sama kelakuan Dr. Mann. Kenapa harus ngebunuh orang-orang? Kan dia tinggal minta tebengan pulang, dan juga setelah sekian lama kesepian dan hidup sendiri, bukannya lebih enak balik ke bumi barengan ya? Ada yang bantuin nyetirin pesawatnya. Kalau masalahnya cuma dia takut dibocorin tentang dia bohong tentang planetnya, pas balik ke NASA kan dia emang harus pertanggungjawabin hasil researchnya dong. Dan orang NASA kan ga bodoh, pasti tahu kalau ada sesuatu yang salah atau aneh di laporannya. DIA GILA!
  5. Terus kenapa juga Dr. Mann tetep buka si pintu terus dia meledak? Kan dia ga terlalu tahu tentang Endurance (secara baru nyetir sekali), begitu dikasih tahu sama yang emang udah tau Endurance dan udah berhasil nyetir Endurance dari awal, supaya "jangan dibuka pintunya" dan dengan panik pula ngasih taunya, dia tetep buka. Kalau dia pinter (seperti yang dibilang) harusnya kan tahu, kalau di luar angkasa itu banyak resikonya. Kalau melakukan suatu prosedur yang salah sedikit aja bisa bahaya. Oh well Matt Damon -.- DIA GILA!
  6. Ga ngerti apa tujuannya si Cooper misahin diri dari Endurance dan Brand? Terus dia loncat ke blackhole sembarangan, terus kenapa masih bisa komunikasi pula sama TARS?
  7. Ga ngerti banget sama scene Cooper di luar angkasa terus bangunnya di Cooper Station. Kok bisa begitu? Apa TARSnya manggil bantuan buat Cooper, terus send coordinate Cooper ke NASA, baru Cooper diselametin sama NASA? Sedangkan dari awal film kan dibilang komunikasi bisanya hanya nerima data, tapi ga bisa transfer data ke NASA. Karena perbedaan waktu, Cooper ngapung pingsan dari wormhole keluar sendiri ke deket Saturnus sekitar beberapa menit, namun di space di luar wormhole udah lewat puluhan tahun. Ga sengaja dia ketemu sama Cooper Station (semacam pesawat luar angkasa tingkat tinggi) yang kebetulan lagi jalan-jalan ngorbit deket Saturnus. Terus diselametin deh, si Cooper ditolong dan diangkut ke dalem pesawat Cooper Station.
  8. Cooper Station tuh apaan sih? Bukan Bumi tapi kenapa banyak manusianya? Kan ada problem manusia ga bisa dipindahin ke planet baru, karena ada problem "gravitational pull en masse" Bumi? Dan sudah pasti Cooper Station bukan planetnya Edmund yang dikunjungi sama Brand. I know this is a silly question, pardon me. Jadi ceritanya Cooper Station dibuat berdasarkan solusi dari equation "gravitational pull en masse" (lebih gampangnya anggep aja: masalah gravitasi). Cooper Station adalah cara untuk memindahkan manusia yang tersisa di Bumi ke planet baru. As simple as, bikin pesawat dengan fitur dimana "masalah gravitasi" tidak berlaku lagi di situ. Jadi manusia di Bumi pada naik ke Cooper Station yang jumlahnya ada banyak, untuk diangkut ke planet Edmund. (semacem cerita Nabi Nuh gitu, cuman ini bukan perahu).
  9. "Gravitational pull en masse" itu apa sih? dan plan B cara ngembangin colony manusia itu gimana ya? Kan mesti bawa ibu yang rahimnya ditanem juga dong, basically bawa orang banyak juga dari Bumi, sama aja kan.
  10. Kenapa di ending Cooper malah diem-diem pergi ke pesawat buat ngejer Brand di planet Edmund? Kan di Cooper Station teknologinya udah canggih, bisa cerita ke NASA hasil researchnya terus minta support orang lain buat ikut. Belum lagi pesawatnya yang diem-diem diambil udah selesai maintanance belum? Kan harusnya dicek fuel dan segala macem sebelum berangkat. Sedangkan Cooper satu-satunya orang (selain Brand), yang tahu koordinat planet Edmund. Kalau dia sampe kenapa-napa di jalan, terus udah gitu, chance buat survival dan memulai kehidupan baru di planet Edmund hilang dong. Toh untuk waktu dia cerita, mau berhari-hari ataupun persiapan terbangnya berbulan-bulan lagi ga masalah kan, soalnya waktu disitu jauh lebih lama daripada waktu di tempat Brand (planet Edmund).
Anyway, beberapa pertanyaan terjawab sebenernya dapat plot holes baru lagi lho.
[for complete version log on to: http://popwatch.ew.com/2014/11/08/interstellar-plot-holes/]
And the best plot-holes from that site is:
"Cooper shows up randomly at NASA and suddenly he’s piloting the craft? If he’s so ideal for this incredibly important Earth-saving mission that’s just about to happen, and even knows the professor, and is just a day’s drive away, you would think they (NASA) might have already known he was working the farm down the street and reached out to him. Did NASA not have a pilot before he showed up? We talked about the most important earth saving mission here."
Sering ga sih nonton film tentang luar angkasa, biasa awalannya selalu NASA cari orang-orang pinter, direkrut buat jadi tim mereka. Normally, (misi sepenting nyelametin seluruh kehidupan di muka bumi lho), mereka samperin, bujukin buat ikut misi~ semacem "karena ga ada orang lain untuk posisi ini yang lebih pas dari kamu~". Apalagi si profesor (Michael Caine) nya sudah kenal sama Cooper.


To be fair, sebenernya filmnya overall bagus kok, ya problem dengan plot hole aja, karena biasa Nolan jarang bikin plot hole di film dia. Whatever it is, Batman Begin, The Dark Knight, The Prestige, Memento, ataupun Interstellar, tetep ga bisa ngalahin Inception sih.

No comments:

Post a Comment